Perusahaan Asia di Liga Eropa


Ekonomi Asia sedang menggeliat. Banyak negara dan perusahaan di Asia menunjukkan pertumbuhan yang positif, termasuk Indonesia.

Dengan kegiatan bisnis yang terus berkembang, beberapa perusahaan Asia pun kini melebarkan sayapnya ke Eropa, termasuk sepak bola. Ada pengusaha Asia (baca Timur Tengah) yang membeli dan memiliki beberapa klub lalu menyulapnya menjadi tim elit sampai menjadi sponsor.

Mau tahu perusahaan Asia apa saja yang menjadi sponsor klub-klub di Eropa? Daftar ini tidak termasuk sponsor untuk kompetisi:

1. Samsung Electronics Co., Korea Selatan

Klub: Chelsea, Inggris
Durasi: 10 tahun (diperbarui 2012)

Samsung akhirnya memperpanjang kontrak untuk menjadi sponsor Chelsea, kub asal Inggris yang menjadi juara Liga Champions 2012, untuk tiga tahun ke depan. Dengan nilai kontrak $ 22,5 juta per tahun, nama Samsung terpampang di dada kaus tim biru-biru itu.

2. Malaysia Airlines-AirAsia, Malaysia

Klub: Queens Park Rangers, Inggris
Durasi: 2 tahun (2012)

Nama dua maskapai asal Malaysia ini akan muncul di kaus tim QPR. Malaysia Airlines saat pertandingan kandang, AirAsia saat tandang. Nilai kontrak keduanya untuk dua tahun diperkirakan $ 793.000.

3. Li Ning Company Limited, Cina

Klub: Espanyol, Spanyol
Durasi: 4 tahun (2010)

Nama perusahaan yang bergerak di pakaian olahraga ini muncul pada kaus tim Espanyol. Nilai kontrak tidak disebutkan, dengan alasan kesepakatan bersama.

4. Huawei, Cina

Klub: Atlético Madrid, Spanyol
Durasi: Sekali pertandingan (2012)

Perusahaan telekomunikasi ini menjadi sponsor hanya untuk satu pertandingan, yaitu saat derbi Atlético Madrid-Real Madrid. Tanpa menyebut nilai kontrak, nama dan logo Huwawei terpampang besar di dada kaus Atlético Madrid.

5. Yingli Green Energy Holding Company Limited, Cina


Klub: Bayern Muenchen, Jerman
Durasi: 3 tahun (2011)

Tahun ini, Yingli mendatangkan Bayern Muenchen ke Cina untuk bertanding melawan klub lokal. Hal itu merupakan bagian dari kontrak sponsor Yingli dengan klub 22 kali juara liga Jerman itu. Yingli juga dapat hak pemasaran di tiket, iklan Bayern sampai kegiatan kehumasannya.

6. Dua Kelinci, Indonesia


Klub: Real Madrid, Spanyol
Durasi: 2 tahun (2011)

Dalam kerja sama hingga akhir tahun ini, PT Dua Kelinci berhak menggunakan dan memanfaatkan merek Los Blancos untuk kepentikan produk Dua Kelinci. Termasuk penggunaan logo. Perusahaan ini juga mengontrak Luis Figo secara khusus sebagai bintang.

7. Chang Beer Thai Beverage Plc., Thailand


Klub: Everton, Inggris; Barcelona dan Real Madrid, Spanyol
Durasi: 3 tahun (2010)

Kontrak yang bakal berakhir tahun depan ini merupakan perpanjangan dari kontrak sebelumnya. Merek bir asal Thailand tersebut terpampang mencolok di kaus resmi tim Everton. Nilai kontraknya $ 18,7 juta. Perusahaan ini juga mensponsori Barcelona dan Real Madrid selama tiga tahun. Selain dapat promosi di Spanyol, Chang Beer juga jadi promotor tunggal kedua klub tersebut di Thailand.

8. Hutchinson Telecommunications International Ltd, Hong Kong


Klub: Manchester United, Inggris
Durasi: 3,5 tahun (2009)

Kerja sama sponsor tersebut dilakukan oleh manajemen Hutchinson untuk mendorong merek TRI, operator telepon selular di Indonesia. Sponsor tersebut untuk lawatan pertandingan United ke Asia. Selain itu, sejumlah pemain Setan Merah seperti Rio Ferdinand ikut mempromosikan Tri di Indonesia.

9. Telekom Malaysia Bhd, Malaysia


Klub: Manchester United, Inggris
Durasi: 5 tahun (2010)

Dengan kerja sama ini, Telekom Malaysia mendapatkan lisensi untuk menjual produk menggunakan merek Manchester United, sekaligus menggunakan citra klub MU. Bagi TM, kerja sama ini untuk menarik penggemar United yang sangat besar di Malaysia.

10. Singha Beer, Thailand


Klub: Manchester United, Inggris
Durasi: 3 Tahun (2010)

Kedua institusi ini tidak ada yang bersedia menyebut nilai kesepakatannya. Namun yang pasti, bir merek Singha bisa didapatkan di stadion Old Trafford, kandang Manchester United. Selain itu, merek Snigha juga muncul di gerai-gerai media United.

http://id.olahraga.yahoo.com/news/soccer--perusahaan-perusahaan-asia-di-liga-eropa.html

0 Response to "Perusahaan Asia di Liga Eropa"

Post a Comment