Ternyata Ekonomi Indonesia lebih besar dari Belanda dan Arab Saudi

Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melihat, Indonesia terlalu lama terjebak dalam ketidakpercayaan diri dan merasa kecil dibandingkan negara-negara besar lainnya. Padahal ekonomi kita cukup besar.
Dia memaparkan beberapa negara yang ekonominya lebih kecil dari Indonesia. "Tahukah kita bahwa Singapura 1/4 lebih kecil dari kita, Malaysia 1/3, Saudi 1/2 dan bahkan Belanda juga masih di bawah ekonomi Indonesia," ujar Gita di Jakarta, Sabtu (1/3).
Dia mengajak semua pihak tidak merasa kecil dan minder karena ekonomi Indonesia sangat besar. Terlebih ekonomi Indonesia masuk dalam kelompok forum 20 negara ekonomi terbesar dunia atau G-20. Ekonomi Indonesia kini di urutan 16 besar dunia. "Kita di jajaran ekonomi besar di dunia. Tidak ada alasan kita canggung dan merasa minder. Seperti yang sering saya katakan, we are bigger than we think we are," tegasnya.
Namun yang masih menjadi catatan sekaligus pekerjaan rumah bagi pemerintah adalah kesetaraan ekonomi di dalam negeri. Tidak hanya harus merata di seluruh Indonesia, tapi juga mengikis kesenjangan ekonomi masyarakat agar bisa hidup sejahtera."Pemerataan adalah hal yang perlu diwujudkan ke depan," harapnya.
Gita membangga-banggakan peran Indonesia yang diklaim berhasil menggolkan paket Bali saat forum WTO. Tapi Indonesia tidak sendiri, ada peran dan campur tangan negara lain juga.
"Kita sebagai ketua kelompok G-33, di mana India yang ada di dalamnya memerankan kepentingan yang sama. Kita memainkan diplomasi di belakang India. Pada akhirnya muaranya satu, Paket Bali berhasil disepakati yang kental akan kepentingan negara miskin dan berkembang," klaimnya.
Diakuinya, sejak awal WTO sudah diwarnai sikap skeptis karena selalu gagal melahirkan kesepakatan. Namun Gita yakin Indonesia bisa jadi jembatan kepentingan dunia.


http://www.merdeka.com/uang/ekonomi-indonesia-lebih-besar-dari-belanda-dan-arab-saudi.html

0 Response to "Ternyata Ekonomi Indonesia lebih besar dari Belanda dan Arab Saudi"

Post a Comment