10 Manfaat luar biasa pelukan

Menurut Mind, Body, Green setiap orang butuh pelukan setidaknya 8 kali sehari. Kenapa harus delapan kali? Karena ternyata pelukan memiliki sejuta manfaat untuk siapa saja yang melakukannya. Pelukan tidak membutuhkan biaya maupun energi besar untuk dilakukan. Tetapi dampaknya sangat besar terhadap kondisi kejiwaan, fisik, maupun hubungan Anda dengan pasangan. Pelukan bisa menjadi terapi penyembuhan untuk masalah kejiwaan dan dapat merangsang kinerja hormon baik yang dapat membuat tubuh Anda sehat. Selain itu dapat menjadi resep ampuh untuk berbaikan dengan pasangan.

Tidak percaya? Berikut ini kami paparkan sepuluh manfaat berpelukan yang dirangkum dari berbagai sumber. Selamat mencoba.

1.Memberikan rasa aman
Setiap orang, tak peduli umur berapa pun butuh merasa aman. Menurut MD Junction, pelukan dapat membangun rasa percaya dan karenanya dapat memberikan perasaan aman dan perlindungan bagi yang melakukannya.

2.Merangsang kinerja hormon baik
Pelukan dapat merangsang kinerja hormon baik, yaitu oksitosin dan serotonin yang membuat Anda merasa tenag, bahagia, dan menjauhkan perasaan kesepian serta amarah.

3.Meningkatkan keterikatan emosi dan spiritual dengan pasangan
Menurut Babble, pelukan memaksa Anda untuk berinteraksi secara fisik, dan karena itu membuat Anda dan orang yang Anda peluk merasakan keterikatan emosi dan spiritual. Ini sangat penting untuk menjaga kualitas hubungan pasangan kekasih atau suami istri.

4. Meningkatkan rasa percaya diri
Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga di mana pelukan merupakan hal yang penting biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena mereka terbiasa merasa berharga dan dicintai. Saat dewasa perasaan ini berperan penting untuk mengembangkan sifat mampu mencintai dan menghargai diri sendiri.

5.Menjadikan tubuh rileks
Pelukan ternyata juga dapat melemaskan oto-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh kita, dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh.

6.Menyeimbangkan pikiran
Pelukan dapat menyeimbangkan kondisi kejiwaan. Respon dari rangsangan antar kulit yang terjadi antara dua orang saat berpelukan mengantarkan kelembapan dan reaksi listrik di kulit yang akhirnya menjadikan kondisi mental jadi lebih seimbang.

7.Pelukan mengajarkan kita tentang memberi dan menerima
Pelukan dapat mengajarkan kepada kita bagaimana caranya memberi dan menerima. Sebuah pelukan memberikan perasaan menerima dan diterima secara bersamaan, menunjukkan pada kita bagaimana kasih sayang dapat berjalan dari dua arah.

8. Satu pelukan setara dengan meditasi
Rasanya tidak melebih-lebihkan kalau dikatakan pelukan setara dengan meditasi. Pelukan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi dan membuat seseorang mengalir bersama energi kehidupan. Dengan berpelukan, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi untuk sekadar belajar menghubungkan pikiran dengan hati serta tubuh.

9. Meningkatkan empati dan pengertian
Energi yang tersalur dari pasangan yang sedang berpelukan merupakan investasi dalam sebuah hubungan. Dapat meningkatkan empati dan pengertian di antara Anda dan pasangan.

10.Membuka jalur komunikasi
Menurut Babble, pelukan dapat membuka jalur komunikasi dan melepaskan ketegangan dalam hubungan. Sebuah pelukan akan menjadi obat yang manjur untuk mengembalikan suasana setelah Anda dan pasangan berbaikan.

Nah, itulah sepuluh kelebihan berpelukan yang mungkin baru Anda ketahui. Karena itu jangan segan-segan untuk memeluk orang-orang yang Anda sayangi, ya.



http://www.merdeka.com/gaya/10-manfaat-luar-biasa-pelukan.html

0 Response to "10 Manfaat luar biasa pelukan"

Post a Comment