Kopi Kotoran Gajah,Kalahkan Kopi Luwak?!!

Jika selama ini Indonesia memiliki kopi luwak yang di kenal dunia dengan cita rasanya yang khas serta dijual dengan harga tinggi. Nampaknya kopi luwak ini telah mendapatkan pesaing yaitu kopi dari kotoran gajah.

Sebuah resor di Chiang Rai, Thailand, mengembangkan jenis kopi baru, yang diproses dari kotoran gajah yang mereka pelihara sendiri. Bahkan Hotel Anantara mengklaim bahwa kopi mereka adalah yang termahal di dunia.

"Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama proses pencernaan, enzim gajah memecah protein kopi. Protein merupakan salah satu faktor utama dari cita rasa pahit, maka pemecahan protein mengurangi rasa pahit itu sendiri," kata resor dalam rilisnya, sebagaimana dilansir CNNGO, (12/10).

Harga kopi kotoran gajah dibanderol USD 1.100 (Rp 10 juta) per kg atau USD 50 (Rp 480.250) per cangkir. Sebagai perbandingan, kopi kotoran luwak dijual seharga USD 500-600 (Rp 4,8-5,7 juta) per kg atau USD 30 (Rp 288.150) per cangkir. Nampaknya kopi luwak benar-benar mendapatkan pesaing berat.

Namun cita rasa kopi tersebut tetap tergantung dari selera para konsumen masing-masing.

http://fakta-gosip.blogspot.com/2012/10/harga-kopi-kotoran-gajahkalahkan-kopi.html

0 Response to "Kopi Kotoran Gajah,Kalahkan Kopi Luwak?!!"

Post a Comment