Mimpi RI Punya Kereta Super Cepat Akan Terwujud

 Mimpi masyarakat Indonesia untuk memiliki kereta super cepat sudah di depan mata. Untuk memeuhi kebutuhan masyarakat, Indonesia akan memiliki transportasi andalan seperti yang ada di Jepang, Cina dan negara-negara di belahan Barat lainnya.

Pada rencananya, kereta ini akan menyambungkan ibu kota DKI Jakarta dengan Surabaya. Namun, jalur pertama yang dibangun adalah Jakarta menuju kota kembang Bandung.

Proyek transportasi massal ini sudah memasuki tahap awal, yaitu feasibility study atau studi kelayakan oleh Japan Internasional Consultan of Transportation (JICA). Di mana biaya studi adalah hibah dari JICA sebesar US$ 15 juta.

Targetnya untuk Jakarta-Bandung akan selesai dalam 6 tahun mendatang, yaitu tahun 2020. Semoga proyek berjalan sesuai target dan masyarakat dapat menikmati kecanggihan dari transportasi ini.

Kereta Shinkansen

http://images.detik.com/content/2014/01/29/4/081821_074244_007.jpg
Kereta asal Jepang Shinkansen yang akan digunakan untuk membawa penumpang dari Jakarta menuju Bandung. Denga teknologi paling caggih, kereta ini disebut sebagai yang terbaik di dunia.

"Shinkansen paling keren nomor 1 di dunia," ungkap Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy S Priatna.

Bagaimana tidak jika melihat komponen teknologinya yag hampir mendekati sempurna. Menggunakan listrik da rel elevated sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih nyaman dan ramah lingkungan.

Selain itu, Shinkansen juga memiliki teknologi untuk merespon gempa bumi dengan dilengkapinya sensor yang dapat mendeteksi gempa dari jarak sekian kilometer. Kereta akan berhenti secara otomatis, bahkan ketika sedang dalam terowongan sekalipun.

Reputasi Shinkansen sudah teruji selama 50 tahun diciptakan. Dengan jarak tempuh dan ingkat keselamatan dapat terjamin. Kemudian rata-rata keterlambatan pada setiap operasional hanya selama 1 menit.

Jakarta-Bandung 37 Menit Saja

http://images.detik.com/content/2014/01/29/4/081936_172633_tgv.jpg
Jika selama ini dengan menggunakan kereta api (biasa) atau mobil, perjalanan dari Jakarta - Bandung (sebaliknya) akan memakan waktu kurang lebih selama 3 jam. Belum lagi jika ditambah dengan kemacetan dan kendala teknis lainnya.

Namun dengan Shinkansen, waktu yang akan terpakai hanya selama 37 menit . Bagaimana tidak, jika melihat kecepatan dari kereta adalah 300 km/jam.

Tentunya sangat efektif bagi siapapun yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu. Masyarakat tidak perlu berlama-lama lagi di jalan, jika sudah ada transportasi yang super cepat.

http://finance.detik.com/read/2014/01/29/081440/2481383/4/mimpi-ri-punya-kereta-super-cepat-jakarta-bandung-segera-terwujud?f991104featured

0 Response to "Mimpi RI Punya Kereta Super Cepat Akan Terwujud"

Post a Comment