Distribusi BBM Pertamina Tercanggih, Terumit dan Terlengkap di Dunia

PT Pertamina (Persero) menyatakan pola penyaluran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) baik subsidi dan nonsubsidi di seluruh penjuru Indonesia merupakan yang paling terumit dan paling canggih di dunia.

"Ini pola suplai distribusi BBM Pertamina, kata perusahaan survei Mckinsey itu terumit, tercanggih dan terlengkap di dunia karena harus menyalurkan BBM hingga penjuru Indonesia hingga pulau terluar. Ya kalau mau belajar cara distribusi BBM ke Pertamina," papar Senior Vice President Distribution Fuel and Marketing Suhartoko, Yogyakarta, Senin (16/6/2014).

Menurut dia, selama ini yang dikerjakan Pertamina dalam menyalurkan BBM tidak semua orang mengetahuinya, mulai dari kendala, cara hingga sampai ke Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS). Pasalnya, masyarakat hanya ingin mendapati kebutuhan BBM sebagai energi primer.

"Apa saja yang sudah kita lakukan, apa kendalanya, untuk distribusi energi primer ini dapat dinikmati ke semua penjuru hingga pulau terluar," sambungnya.

Dia pun mencontohkan, pada tahun 2013 saja, Pertamina harus menyalurkan BBM dengan masing-masing jenis seperti bensin, minyak tanah, avtur dengan jumlah sebesar 60 miliar liter BBM atau 60 juta kiloliter (kl).

"Memang untuk BBM PSO (subsidi) 48 juta kl dan ini untuk memenuhi kebutuhan 240 juta orang Indonesia. Kebutuhan BBM ini bukan untuk kepentingan orang banyak, tapi hampir semua orang butuh BBM. Dari  60 juta kl itu di olah 6 kilang dan harus didistribusikan. Kita ada kilang Dumai, Balangan, Cilacap, Sorong, Plaju, Balikpapan," jelas Suhartoko.

Suhartoko mengungkapkan, untuk menyalurkan BBM dari kilang ke APMS harus disediakan sebanyak 140 kapal tanker. Selain itu saat ini Pertamina memiliki 120 terminal BBM di seluruh Indonesia.

"Di mana saja kita menjangkau, kita distribusikan ke mobil tangki, kami punya lebih dari 2.770 unit. Kerjaan tidak kecil. Saat ini juga ada 6.000 lembaga penyalur yang terdiri 5.030 SPBU yang dikelola Pertamina. Namun untuk memudahkan monitoring kita gunakan sistem IT," sebutnya.

Suhartoko mencontohkan, ini ada beberapa rute penyaluran distribusi BBM ke seluruh wilayah Indonesia dengan masing-masing kerumitan masing-masing.

"Ada yang susah dan gampang, misalnya dari kilang Balikpapan salurkan harus ditimbun dulu masukan ke drum-drum lalu dikirim lewat kapal kecil dan kirim ke APMS di pulau terluar.Itu rangkaian distribusi bbm ke pulau terluar.Kalau cerita BBM di pulau Jawa terlalu mudah, beruntunglah orang-orang yang ada di Pulau Jawa, kehandalannya lebih bagus. Yang susah itu di pulau-pulau terluar. Sehingga kata Mckinsey, pola ini terumit, tercanggih dan ini harus menjadi perhatian," pungkasnya.


http://economy.okezone.com/read/2014/06/16/19/999386/distribusi-bbm-pertamina-tercanggih-terumit-dan-terlengkap-di-dunia

0 Response to "Distribusi BBM Pertamina Tercanggih, Terumit dan Terlengkap di Dunia"

Post a Comment