Indonesia Terbesar di Dunia Pengguna Ponsel Pintar

Indonesia menempati urutan teratas di dunia dalam penggunaan ponsel pintar dengan waktu pemakaian rata-rata 181 menit per hari. Hal itu diungkapkan dalam penelitian oleh lembaga survei di Amerika Serikat, bahwa orang Indonesia saat ini tengah keranjingan teknologi smartphone.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Kamis (5/6/2014), setelah Indonesia di urutan teratas, posisi kedua ditempati Filipina, dimana warganya menghabiskan waktunya dengan ponsel sebanyak 174 menit per hari. Sementara, Cina, Brasil dan Vietnam masing-masing berada di urutan ketiga, keempat dan kelima.

Survei lain yang juga dilakukan oleh Milward-Brown, terhadap warga Amerika disimpulkna bahwa untuk pertama kalinya, aktivitas warga Amerika sekarang ini senang bermain smartphone ketimbang menonton televisi.

Perusahaan ini melakukan survei terhadap lebih dari 12.000 pengguna ponsel yang berusia antara 16 dan 44 tahun di 30 negara untuk mengetahui tingkat konsumsi berdasarkan iklan di televisi, laptop, ponsel pintar dan komputer tablet.

Berdasarkan temuan tersebut, ponsel pintar telah muncul sebagai 'layar' utama di seluruh dunia, tetapi riset juga menemukan bahwa pengguna ponsel kerap menonton layar ganda (ponsel dan televisi) secara bersamaan.

Di Asia, konsumen ternyata lebih cenderung melakukan apa yang disebut dengan meshing, yaitu melihat dua layar sekaligus (televisi dan ponsel) sambil mencari konten yang terkait misalnya mencari informasi di internet tentang tokoh yang muncul di acara favorit mereka di televisi.

Bahkan menurut data International Data Corporation (IDC), sebuah lembaga periset pasar internasional, pertumbuhan penjualan smartphone 12 persen dan tablet tumbuh 18 persen dibanding tahun 2013. Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia penyumbang terbesar penjulan smartphone dengan angka mencapai 30 persen.

Menurut laporan dari eMarketer, perusahaan peneliti pasar, pengguna telefon seluler di seluruh dunia akan mencapai 4,55 miliar tahun 2014 ini, walaupun di satu sisi, penjualan PC diprediksi masih tetap berkutat di angka 6 persen.

Peningkatan pendapatan kelas menengah di Tanah Air menjadi salah satu faktor semakin konsumtifnya masyarakat Indonesia, termasuk untuk produk telekomunikasi yang paling mutakhir.
Sepanjang sejarah perkembangan sektor telekomunikasi di Indonesia, terus terjadi pergeseran dan perubahan kebutuhan maupun selera masyarakat terhadap pilihan ponsel. Hal ini ditunjang pula oleh harga smartphone yang semakin terjangkau.




http://techno.okezone.com/read/2014/06/05/57/994499/indonesia-terbesar-di-dunia-pengguna-ponsel-pintar

0 Response to "Indonesia Terbesar di Dunia Pengguna Ponsel Pintar"

Post a Comment