Tradisi Unik ini hanya Ada di Indonesia Tercinta

Inilah Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia yang merupakan suatu cara bersyukur dan berterimakasih atas semua nikmat yang diberikan oleh Yang Kuasa.  Bangsa Indonesia  adalah bangsa yang sangat beragam baik suku, budaya, bahasa tapi tetap satu menjadi satu eksatuan yang utuh dalam NKRI.  
Keanekaragaman tersebut membuat bangsa ini memiliki banyak sekali tradisi yang ada pada masyarakatnya, salah satunya ialah tradisi dalam hal bersyukur kepada Yang Kuasa.  Untuk itu kami sajikan beberapa Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia sebagai berikut.

Sedekah Laut

 



asliunik.com
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Sedekah laut merupakan ritual atau tradisi yang dilakukan oleh masyarakat yang bermukim disekitar laut atau pesisir pantai  dalam wujud syukurnya  kepada Tuhan atas apa telah yang diberikan. Upacara sedekah laut ini menjadi salah satu wujud terimakasih kepada Tuhan atas rizki dan keselamatan yang diperolehnya.  
Tradisi ini diawali dengan acara kesenian yakni seni  karawitan yang dilakukan oelh para kelompok seni tersebut yang berada di daerah sekitar. Lalu dilanjutkan dengan acara kenduri atau bancaan yaitu sebuah acara dimana adanya semacam sedekah makanan, kemudian dilaksanakan acara labuhan yaitu suatu prosesi simbolisasi  terhadap harmonisasi antara lingkungan dengan makhluk hidup. 

Dalam acara tradisi ini, sesajen diletakkan pada rumah-rumahan kemudian diarak ke tengah laut dan dilarung yang diiringi oleh warga dengan  ketua adat setempat.

Sedekah Bumi

 

asliunik.com
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia


Tradisi sedekah bumi yang termasuk tradisi unik pada masyarakat  Jawa merupakan salah satu upacara tradisional yang telah berlangsung turun temurun dari jaman dahulu hingga saat ini.  Ritual ini biasanya dilakukan oleh para nelayan serta petani yang mencari nafkah dan hidupnya bergantung  kepada kekayaan alam yang tersedia di bumi ini.


asliunik.com
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Dalam tradisi sedekah bumi masyarakat membuat tumpeng yang kemudian warga berkumpul menjadi satu di balai desa atau satu tempat yang sudah disepakati bersama. Tradisi pembuatan tumpeng ini adalah bagian dari syarat yang wajib dilakukan ketika upacara sedekah bumi. Selain nasi tumpeng juga ada lauk pauk, ayam panggang, dan buah-buahan.  

Puncak dalam upacara sedekah bumi diakhiri dengan alunan doa yang dipimpin oleh sesepuh adat dan diiringi oleh warga sekitar.  Istilah sedekah laut dan sedekah bumi ini  telah dikenal oleh bangsa ini sudah sejak jaman dahulu sebelum adanya kemerdekaan.

Kasada

 

asliunik.com
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia



asliunik.com
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia


Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia lainnya yakni Kasada. Tradisi upacara kasada  sangat populer terutama bagi masyarakat suku tengger yang ada di Probolinggo Jawa Timur tepatnya di daerah gunung bromo.  Sebagian besar masyarakat suku tengger beragama hindu yang memiliki karakteristik budayanya yang masih tetap terjaga dengan kental hingga saat ini. 


kasada
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Upacara tradisional kasada telah menjadi  agenda rutin yang dilaksanakan di gunung bromo oleh masyarakat tengger dan juga menjadi salah satu wisata yang ada di sana.  Awalnya upacara tersebut merupakan suatu legenda yang telah diyakini oleh masyarakat tengger, yaitu suatu kisah roro anteng yang merupakan putri dari raja majapahit  dengan seorang putra brahmana yang bernama joko seger.  

Asal nama tengger pun konon adalah perpaduan dari kedua nama belakang mereka.  kata tengger konon juga memiliki arti  yaitu pengenalan moral tinggi atau tengger ing budi luhur yang merupakan syimbol perdamaian abadi.
Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia menjadi tradisi yang harus dijaga dan dilestarikan karena merupakan salah satu ciri khas dari budaya bangsa. Semoga artikel  tentang Tradisi Syukuran Paling Unik yang Hanya Ada di Indonesia ini bisa menambah salah satu wawasan sahabat unik semua  tentang tradisi budaya kita. Semoga bermanfaat.
 
http://www.asliunik.com/2015/05/tradisi-syukuran-paling-unik-indonesia.html 

0 Response to "Tradisi Unik ini hanya Ada di Indonesia Tercinta"

Post a Comment